Senin, 12 Februari 2018

Good Bye 2014

Prolog
Setelah ribuan purnama akhirnya update blog juga. Diliat-liat dua artikel terakhir ditulis dalam rentang waktu yang cukup jauh, Desember 2013 dan Februari 2016. Dan sekarang Februari 2018 cyiiiin. Niatnya mau flashback nih dari 2014, gakpapa lah ya, lapak sendiri. :p

Welcome to The Jungle
Singkat cerita, setelah drama Tugas Akhir yang penuh perjuangan (untung ada partner ngukur setia di MonKaSel), akhirnya September 2014 wisuda cuy.

Wisuda 110 ITS
Sebagai fresh graduate pasti kebanyakan pada sibuk cari kerja sana sini. Dari awal lulus, aku bercita-cita nggak pengen kerja di perusahaan yang jurusanku banget. Sepertinya saya lelah, hahaha. Jadilah tiap apply di bursa karir tujuannya kalau nggak bank ya apa aja yang posisinya bukan murni engineer. Hingga pada akhirnya di November 2014 diterimalah aku yang hanya remah-remah ini di salah satu perusahaan FMCG, yaitu PT Nutrifood Indonesia.

Screening
Mungkin ini yang namanya jodoh kali ya. Proses rekruitmentnya cepet banget, mulai dari tes tulis sampai wawancara user. Apply untuk posisi Distribution Development (DD) ini awalnya cuma berlandaskan syarat yang diminta : senang membangun relasi. Setelah kirim CV, barulah cari tau tentang perusahaan ini dan pengertian DD dari jobdesnya. Ternyata produk-produknya lumayan sering nongol di TV :p.

Ada hal yang menarik sewaktu sesi wawancara user. Di depanku waktu itu ada dua orang. Yang kiri agak gendut maenan hape dan yang kanan ganteng, hahahaha. Karena yang tanya-tanya bapak ganteng, jadi aku juga nggak perhatiin deh sama bapak yang maen hape. Sampe pada suatu pertanyaan tentang kuliner, tiba-tiba bapak yang maen hape tadi ngerubah posisi duduk dan tanya "kalau kuliner di sidoarjo yang enak dimana?". Wakakakk sumpah kaget, ternyata bapak ini semacam multitasking gitu, seolah-olah ngegame (ternyata beliau maen let's get rich nya line) tapi juga merhatiin sesi wawancara ini :D.

Dari wawancara itu sih aku nangkepnya bisa lulus karena beberapa hal yang aku lakuin pas kuliah, secara kalo dari jurusan kan nggak nyambung yak. Pertama, dulu ada mata kuliah Manajemen Industri (kalo nggak salah inget) yang mana kita belajar buat bikin perusahaan hingga memasarkan produknya. Yang kedua, punya pengalaman jualan waktu ikutan PMW, walaupun nggak intens banget jualannya (makasih buat adek kelas yang udah ngajakin gabung :D). Dan yang ketiga, doyan kulineran, hahahaha.

Setelah proses tanda tangan kontrak selesai, bertemulah aku dengan 5 orang lainnya yang sama-sama lulus dan mulai kerja di 1 Desember 2014. Ternyata kami punya kesamaan : "cacat mental". Sumpah, anaknya pada gokil-gokil. Dan setelah itu barulah aku menyadari bahwa bapak-bapak yang maen hape sewaktu wawancara user adalah Manager Sales and Distribution Area Jawa Timur (ups, bos gue ternyata :p). Dan bapak ganteng yang sering tanya-tanya itu seperti wakil manager, istilahnya disini Associate.

Epilog
Dan di perusahaan inilah pembelajaran dan petualangan di berbagai kota di Jawa Timur dimulai.


Nb : semua orang yang di foto ini udah jadi alumni (S. Nfi)

Training satu bulan di Surabaya sebelum tugas di area masing-masing (ini habis ngerasain jadi SPG sehari :p) Des '14
Masih training di Surabaya (lagi bantuin acaranya tim Promosi di Cito) Des '14
Selipin fotonya pak bos ah :p
kiri Erma (partner mbolang), dan inilah pak Bos (bos baeknya JateamCuk) May '17





Tidak ada komentar:

Posting Komentar